1000 hari Pak Jumedi

by publisherngapak

Malam Jum’at ini, atau Kamis malam 21 Juli 2016, warga RT 03 diundang untuk tahlilan di hari ke 1000 meninggalnya Pak Jumedi, suami Bu Maryati. Tradisi ini ternyata masih ada di tahun sekarang, yaitu orang nyumbang.

Setahu saya, nyumbang hanya ke tempat orang hajatan, dalam arti untuk nyunati anak atau nikahan anak. Ternyata tradisi nyumbang peringatan 1000 hari meninggal masih berlaku di rumah mbah mar, karena kemarin ketika 1000 hari Pak Fuad tidak ada tradisi nyumbang. Memang ketika saya kecil dulu, ketika kakek, nenek saya meninggal [lupa tahunnya wong masih kecil], memang tradisi itu masih ada, dan saya kira sudah punah, tapi di desa ini masih ada, mungkin hanya sebagian saja yang tidak.

Mithoni atau selamatan tujuh bulan kehamilan juga ternyata ada acara sumbang menyumbang, kemarin malam Selasa tahlilan selamatan mithoni Siti, anak Pak Warno, dan ternyata istri juga ikut nyumbang juga. Padalah ketika mithoni 3 anak saya juga tidak ada tradisi seperti itu, Yah… Itulah orang desa.. hehhee…

Advertisements